A R S I P

  
  

Tahukah Anda apa itu magic mushroom?

  

Perut Buncit Rentan Kematian Mendadak

  

Ini Caranya Agar Bisa Banyak Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol

  

Manfaat di Balik Rasa Bosan Bekerja

  

Turunkan Kadar Kolestrol Dengan Bakteri Baik Probiotik

  

Yoga dan Diet 'Macrobiotic', Rahasia Awet Muda Sting

  

Main iPad di Malam Hari Picu Depresi?

  

Minum Teh Hijau Turunkan Resiko Kanker Pencernaan

  

Mana Lebih Baik, Lalapan atau Sayuran Dimasak?

  

Jadi Karyawan Rawan Depresi

  

Meraih Kebijaksanaan dan Pesan Moral dari Tumbuhan

  

Sering Memikirkan Kematian Malah Bisa Bikin Panjang Umur

  

Orang Ngorok Jangan Ditertawakan!

  

Rahasianya Orang Sabar Adalah Aduk Kopi dengan Tangan Kiri

  

Pemain Video Game Otaknya Berpikir Lebih Cepat

  

Tenang, Tidak Ada Bukti Minum Kopi Memicu Penyakit Kronis

  

Diimbau Tak Berlebihan Makan Petai dan Jengkol!

  

Buah-buahan Segar si Peningkat Energi

  

Penikmat Kopi Miliki Risiko Kematian Lebih Rendah


Posted by on Friday, 25 May 2012 00:00

Menurut penelitian dari National Cancer Institute (NCI) di Amerika Serikat, orang dewasa yang meminum kopi ternyata memiliki risiko kematian lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak. Studi terbaru tersebut menyebutkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit jantung, penyakit pernapasan, stroke, diabetes, dan infeksi. Namun, untuk penyakit kanker, belum dapat diketahui apakah kopi berpengaruh.

Neal Freedman, peneliti dari NCI dan timnya meneliti 400.000 wanita dan pria berumur antara 50-71 tahun. Peneliti menemukan bahwa semakin banyak meminum kopi, risiko kematian karena penyakit-penyakit tersebut akan semakin berkurang. Mereka yang mengonsumsi kopi sebanyak tiga kali sehari memiliki resiko kematian sepuluh persen lebih rendah.

“Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di Amerika, dan hubungan antara kopi dan resiko kematian telah kami temukan secara keseluruhan,” papar Freedman. “Walaupun penelitian telah menemukan hubungan sebab-akibat, tetapi kopi mengandung lebih dari 1.000 komponen yang mempengaruhi kesehatan. Penelitian ini masih belum pasti karena banyaknya komponen tersebut,” tambahnya.

Studi terbaru ini merupakan satu dari ribuan penelitian soal kopi. Setiap temuan soal dampak kesehatan kopi sering kali menimbulkan kontradiksi apakah minuman asal Ethiopia ini menimbulkan efek negatif atau positif. Namun, dilansir dari coffeefacts, tidak dipungkiri jika kopi memiliki beberapa efek positif untuk kesehatan seseorang.

Selain bisa mengurangi risiko penyakit-penyakit di atas, kopi ternyata bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kopi juga diketahui mengandung anti oksidan yang bisa mencegah kerusakan sel.

Sedangkan efek negatif dari kopi secara mayoritas lebih sering karena kandungan kafein di dalamnya. Penelitian menyebut jika mengonsumi kopi berkafein bisa menyebabkan masalah di dinding arteri. Selain itu, konsumsi kopi berlebih juga bisa menyebabkan kekurangan magnesium atau hypomagnesaemia.



Sumber: sciencedaily, coffeefacts

HEALTH | READ  2169x



Share

  PageRank Checking Icon
 
Copyright ©1998 - 2018 by Tobing. All rights reserved. | Powered by dontob

Horas to all of you.