Perayaan Natal Oikumene Tapanuli Utara Dihadiri Ribuan Jemaat

Sunday, 13 December 2009

Tobing.or.id, Perayaan Natal Oikumene Kabupaten Tapanuli Utara Minggu (6/12) di gedung Serbaguna Tarutung dihadiri sejumlah umat Muslim. Kehadirian umat Muslim tersebut pada sesi pembukaan dan kata-kata sambutan sebelum pelaksanaan ibadah Natal.
Kata sambutan mewakili umat Muslin disampaikan Ketua PKM Tapanuli Utara Syarifuddin Siregar yang antara lain isi sambutannya menyatakan mendukung pelaksanaan Oikumene dan komitmen siap secara bersama-sama dengan umat Nasrani untuk mewujudkan pembangunan di Tapanuli Utara.
Memasuki ibadah Natal, panitia mengundang umat Muslim yang hadir untuk meninggalkan gedung menuju tempat yang telah dipersiapkan.
Perayaan Natal Oikumene Tapanuli Utara didahului dengan prosesi jemaat bersama unsur pimpinan daerah dan pelayan-pelayan Tuhan dari depan Sopo Partungkoan di Jalan Sisingamangaraja setelah penyalaan pohon Natal dan penekanan tombol serene dilakukan Bupati Torang Lumbantobing.
Barisan prosesi melintasi jalan protokol Jalan Sisingamangaraja, Jalan DI Panjaitan menuju gedung Sopo Partungkoan di komplek Stadion yang berjarak sekira 1.500 meter.
Ibadah Natal diawali penyerahan simbol-simbol ibadah berupa Alkitab, Salib, Lilin, Pohon Natal dan Lambang Oikumene dibawa sejumlah pendeta dari berbagai denominasi gereja diiringi pembacaan makna simbol oleh Pdt Darwin Sihombing STh (Pendeta Resort HKBP Pearaja Tarutung).
Sementara itu lilin-lilin Natal dinyalakan pelayan firman (pengkhotbah) Pdt Resman Pasaribu (GPDI Garoga), Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, Ketua DPRD FL Fernando Simanjuntak SH MH, Wakil Bupati Bangkit P Silaban SE, Sekdakab Drs Sanggam Hutagalung MM selaku Ketua Umum Panitia Natal, Kapolres AKBP J Didiek DP SH, Kajari Tarutung Mangasi Situmeang SH LLM, Ketua BKAG Pdt Ramli Siahaan dan unsur pimpinan daerah lainnya diiringi prolog penyalaan lilin yang dibacakan Pdt Polin Sihombing (Pendeta Resort GKPI Hutagalung) yang juga Ketua Pelaksana Panitia Natal.
Ribuan umat Kristiani menghadiri perayaan Natal tersebut sehingga gedung Serbaguna Tarutung yang diperkirakan berkapasitas 2.000 orang tidak mampu menampung luapan jemaat. Karenanya sebagian jemaat harus berada di luar gedung untuk mengikuti jalannya ibadah.
Panitia sudah mengantisipasi banyaknya jemaat yang menghadiri perayaan dengan menyiapkan tratak dan krusi di luar gedung dilengkapi layar monitor dua unit yang disediakan Bagian Humas dan Keprotokolan Sekdakab Taput sehingga suasana di dalam gedung dapat juga dirasakan di luar gedung.
Nampak hadir sejumlah pimpinan SKPD Pemkab Taput antara lain Kadis Kesehatan Jumaga Nainggolan SKM MSi, Kadis Pendidikan Dra Mariani MPd dan Ketua TP PKK Ny Torang Lumbantobing Elly br Manalu dan sejumlah anggota DPRD Taput.
Jemaat yang hadir berkesempatan mendengarkan pesan Natal disampaikan unsur pimpinan daerah yang intinya menyatakan Natal adalah suka cita. Penyampaian pesan Natal didahului Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak SH MH dan diakhiri Bupati Torang Lumbantobing (Toluto) yang menyebutkan Natal adalah sukacita, kegembiraan. “Marilah bersuka cita dan bergembira, jangan nikmati sukacita semata-mata untuk diri sendiri. Tetapi bagikan untuk semua orang. Mari terus mengambil inspirasi Natal sebagai momentum perbaikan moral dan spiritual di Bona Pasogit yang kita cintai ini,” sebut Toluto.
Khotbah disampaikan Pdt Resman Pasaribu STh mengangkat thema Natal “Tuhan adalah penolongku, aku tidak akan takut” (Ibrani 13 ayat 16B). (PR3)