Hari Ini di Balige, Seniman Batak Tabur Benih Ikan ke Danau Toba

Wednesday, 17 August 2011

Tobing.or.id, BANYAK cara orang untuk meramaikan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-66 ini. Di Balige, sekelompok seniman akan menaburkan benih ikan ke Danau Toba, danau kebanggaan Indonesia.

Kegiatan ini dipusatkan di Boruku Café di Balige, Rabu (17/8/2011) siang ini. Sebelum menaburkan benih ikan, di café ini diadakan diskusi tentang keberadaan ikan di Danau Toba. Diskusi ini digagas oleh Sebastian Hutabarat (fotografer), Edward Tigor Siahaan (fotografer), dan Sabar Situmorang (dosen seni rupa dan entrepreneur di ITB). Diskusi ini diikuti oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

Selain diskusi, kegiatan ini dimaksudkan sekaligus sebagai peluncuran TOBAnaTURE, komunitas seniman dan sahabat-sahabatnya yang konsentrasi pada pelestarian Danau Toba dan kehidupan di sekitarnya.

Peserta diskusi “diwajibkan” membayar sebesar Rp 100.000 sebagai biaya konsumsi dan sekaligus pembelian bibit ikan untuk dilepaskan ke Danau Toba. “Keberadaan ikan di Danau Toba ini semakin lama semakin menipis. Karena itu, masyarakat harus berpartisipasi untuk menabur benih ke danau agar keturunan kita nanti masih bisa menikmati ikan yang berasal dari Danau Toba,” kata Sebastian Hutabarat.

Kegiatan ini menurutnya banyak mendapat dukungan dari masyarakat. “Di luar dugaan, dukungan terus mengalir. Mulai dari keluarga, karyawan, dan lain-lainnya. Mereka menyumbang 2 ekor, 5 ekor, 10 ekor, 1.000 ekor hingga ada punguan marga yang menyumbang 7.000 ekor benih,” kata Sebastian.

Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih kepada para sahabat TOBAnaTURE untuk semua cinta yang mereka berikan kepada TOBA.