Bus termewah di dunia

Sunday, 23 October 2011

Tobing.or.id, WINA – Jika bus ini lewat di depan kita, sosoknya yang unik, pasti akan membuat kita tertegun dan kagum. Desain kaca depan tidak lazim: tinggi dan oval. Bagian bawahnya, seperti bibir yang lagi monyong! 

Kekaguman akan bertambah, bila dibolehkan masuk ke dalamnya. Apalagi bila sang pemilik memperagakan berbagai fasilitas di dalamnya. Karena itu ada menilai, kendaraan yang diberi nama elleMMent ini - dirancang dan dibuat oleh Marchi Mobile GmbH di Wina, Austria - sebagai bus termewah di planet kita ini. 

Biomorphic
Menurut Marchi, bus ini dibuat tidak sekadar menampilkan kemewahannya, juga harus menghadirkan nuansa baru. Karena itulah, bus dirancang dengan unsur biomorphic, menggabungkan karakter desain dan fungsional.

Sebenarnya elleMMent ini dibuat berdasarkan desain Colani pada 2001. Namun versi baru diperbaiki agar konsumsi bahan bakar lebih irit 20 persen (menekan emisi CO2). Karena itulah unsur aerodinamika menurut Marchi menjadi penting. “Tujuannya untuk memperoleh harmonisasi ekonomi dan ekologi,” tulis Marchi. 

Untuk menggerakkannya, Marchi memasang mesin diesel turbocharger yang menghasilkan tenaga 530 PS. Sedangkan sasis diambil dari truk DAF XF105.

Ihwal menarik lain, dari belakang, bus ini juga enak dilihat. Pasalnya, menggunakan dua lubang ujung knalpot bergaya sport plus difuser dari serat karbon.

Tingkat keamanan interior diklaim jauh lebih baik dibandingkan kendaraan besar lainnya. Pasalnya, inerior dibuat dari bahan campuran plastik serat gelas yang sangat kuat. Di samping itu, posisi tempat duduk lebih tinggi. 

Bus ini ditawarkan dengan tiga pilihan sesuai dengan fungsinya, yaitu eleMMent Palazzo sebagai rumah berjalan (mobile home), elleMMent Viva, (VIP Shuttle) dan elleMMent Visione, kendaraan promosi aau ruang pamer berjalan.
eleMMent Palazzo
Dirancang bagi mereka yang suka menikmat indahnya perjalanan. Bersantai dengan teman-teman sembari menikmati berbagai minuman di bar bus ini. Juga bisa digunakan untuk menyambut tamu istimewa yang memperoleh kenyaman duduk di sofa mewahnya.

Sebagai rumah berjalan, di dalam bus disediakan ruang tidur yang menyatu dengan kamar mandi (untuk menyegarkan tubuh). Juga ada akses video yang memungkinkan pemilik bisa membolehkan temannya masuk. 

Bagian dalam bus ini juga bisa diubah suasana seperti gaya hidup di kafe. Untuk mengubah situasi ruang ini, cukup dengan tombol pada layar sentuh yang disediakan. 

elleMMent Viva
Karena digunakan untuk bisnis, di dalamnya disediakan berbagai fitur yang memberikan kenyamanan dan prestise. Antara lain, sofa atau tempat duduk bergaya “lounge” di kelas bisnis, enam kursi putar yang bisa memijit dan mengatur suhu ruangan

Pergerakan tamu atau pemilik di dalam bus leluasa karena ketinggian interior mencapai 2,5 meter. Perjalanan makin nyaman karena di dalam disediakan pula sistem informasi terpadu. Interior memungkinkan pula pemilik dan tamunya menyegarkan diri di kamar mandi atau menghirup mimuman segar di bar.

eleMMent Visione
Dirancang sebagai tempat promosi atau ruang pamer berjalan berkelas atau mal kelas atas. Di dalam bus ini bisa dipamerkan berbagai barang dagangan dengan penataan apik dan menarik. Ruang pamer yang tersedia pada bus dengan panjang 12 meter ini, 20-40 meter persegi.

Kelengkapan lain adalah layar monitor 40 untuk internet berjalan atau buat menikmati tayangan televisi satelit. 

Bagi yang kreatif, dapat pula menambahkan pencahayaan khusus. Hasilnya, bus akan tampak mencolok di tempat keramaian atau di area yang kurang penerangannya.