Perayaan Paskah Raya Bona Pasogit Kab. Samosir Sukses

Tuesday, 10 April 2007

Tobing.or.id, Sijambur Nabolak Kec. Pangururan, Samosir, 10/04/2007 Pemerintah Kabupaten Samosir bersama masyarakat Samosir merayakan Paskah Raya akbar yang dilaksanakan pada tanggal 08(malam) – 09 April 2007 di Sijambur Nabolak Kelurahan Si Ogung-ogung Kecamatan Pangururan. Perayaan Paskah Raya yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Samosir yang bekerjasama dengan Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) serta seluruh masyarakat Samosir Sukses, terbukti dengan kehadiran masyarakat yang memadati lokasi Paskah Raya. Diperkirakan pengunjung yang datang sekitar 5.000 orang lebih yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Samosir bahkan dari luar Kabupaten Samosir.

Perayaan Paskah Raya tahun 2007 ini mengangkat thema dari 2 Korintus 4 : 6, “Dibagasan bihini Kristus naeng marsinondang habonaron i, sian haholomon”.

Sebelum diberangkatkan menuju lokasi Paskah Raya, team obor yang terdiri dari pemuda-pemudi utusan gereja-gereja di seluruh Kabupaten Samosir berkumpul di Pesanggarahan. Sekitar pukul 19.00 WIB team obor yang berjumlah kurang lebih dari 300 orang diberangkatkan oleh Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon.

Team obor diberangkatkan dari 3 titik pemberangkatan. Titik pemberangkatan I dari lokasi Air Hangat, terdiri dari team obor Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta, titik pemberangkatan II dari lokasi kantor Dikpora dilalui team dari Kecamatan Simanindo sampai Buhit dan titik pemberangkatan III dari Tanjung Bunga dilalui team obor dari Onan Runggu, Palipi sampai Pintu Sona.

Setelah team obor dari ketiga titik pemberangkatan tiba di lokasi Paskah Raya, acara dilanjutkan dengan prosesi jalan salib dan penyalaan obor raksasa oleh Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon, Pareses HKBP Efendi Purba, STh (mewakili BKAG) dan tokoh agama/masyarakat.

Acara ini juga dimeriahkan oleh artis Pop Batak yang tergabung dalam grup ARBAB (Artis Batak Bermazmur) yang terdiri dari Rita Butar-butar, Jack Marpaung, Herty Sitorus, Renny Siregar, Henny Sihombing, Anita Silalahi, Netty Sihombing, Renhat Nainggolan, Paul Sihombing, Raymon Pardede, Joharlen Simanjuntak, Renhard Banjarnahor dan William Naibaho.

Acara puncak pada tanggal 09 April diisi dengan Kebaktian Paskah Raya dimulai dengan pementasan/operet perjalanan Injil di Tanah Batak yang dibawakan oleh Naposobulung Kecamatan Simanindo.

Khotbah yang dibawakan Uskup Agung Medan Mgr DR. AB. Sinaga diambil dari 2 Korintus 4 : 6. DR. AB. Sinaga dalam kotbahnya mengatakan “Dalam Paskah ini yang menjadi persembahan bukan harta ataupun persembahan hewan melainkan Allah itu sendiri melalui anakNya Tuhan Yesus Kristus yang disalibkan dan mati di kayu salib dan telah bangkit di hari yang ketiga”. Kepada Bupati Samosir, Dr. AB. Sinaga juga berpesan agar Samosir jangan “dijual” karena pariwisata, bersih dari pelacuran, perjudian Narkoba dan perbuatan jahat lainnya, tetapi harus mengajak masyarakat Samosir untuk dapat bersama-sama meningkatkan kesejahteraan baik itu melalui peningkatan pertanian, peternakan dan lain sebagainya.

Dalam sambutannya Ketua BKAG Se-Kabupaten Samosir, Efendi Purba, STh menghimbau seluruh masyarakat Samosir agar Pusuk Buhit dapat dijadikan sebagai tempat wisata Rohani, wisata Sejarah dan wisata Budaya.

Tokoh Masyarakat Prof. DR. S. Parhusip yang hadir pada acara ini, juga menyampaikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Paskah Raya ini. Kedepan harapan Beliau di lokasi Pusuk Buhit ini akan dibangun Rumah Doa (The Garden of Prayer) yang juga merupakan cita-cita Beliau yang belum tercapi pada tahun enam puluhan.
Demikian juga dengan Ibu Deni Kiemas br Simarmata yang juga hadir pada acara Paskah Raya ini, mengajak segenap lapisan masyarakat Samosir dapat bekerjasama dengan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Samosir dalam upaya membangun Samosir dari ketertinggalan demi terwujudnya Visi Kabupaten Samosir menjadi Kabupaten Pariwisata Tahun 2010.

Rasa kagum juga disampaikan oleh Ketua DPRD Samosir, Jhony Naibaho, yang sebelumnya tidak akan menduga jumlah pengunjung yang begitu banyak mengingat lokasi acara yang agak sulit dijangkau oleh masyarakat. Beliau mengharapkan perayaan Paskah untuk tahun-tahun mendatang, harus bisa terlaksana tanpa adanya campur tangan dari pemerintah. Jhony Naibaho juga menyampaikan bahwa seluruh jajaran DPRD Samosir akan mendukung pembangunan Rumah Doa di Pusuk Buhit.

Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon, mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, karena bukan atas kekuatan seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Samosir tetapi atas kasih dan karuniaNyalah Paskah Raya Kabupaten Samosir yang baru pertama kali diadakan ini dapat berjalan meriah dan sukses, bahkan diluar dugaan Panitia. Beliau mengharapkan bantuan dari berbagai pihak demi terwujudnya rencana pembangunan 1001 Tangga dan pembangunan Taman Doa. Khusus untuk kawasan Pusuk Buhit akan dijadikan kawasan pariwisata terpadu yaitu perpaduan antara alam ciptaan Tuhan, budaya dan sejarah. Dalam kesempatan ini juga Bupati Samosir atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan Selamat Paskah kepada seluruh masyarakat Samosir.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar lokasi Paskah Raya dan hiburan yang dibawakan oleh grup ARBAB dari Jakarta.