Seratusan Lansia Tarik Kereta Api

Friday, 20 April 2007

Tobing.or.id, SOLO - Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April besok, sekitar seratusan wanita lanjut usia (lansia) dari perwakilan RW 27 Kelurahan Kadipiro, Nusukan, Solo berhasil menarik loko dan gerbong KA persis di depan Taman Sriwedari hingga berjalan sekitar 12 meter.Acara yang merupakan kerja sama antara Republik Aeng-Aeng, Koran Sore Wawasan dan Harian Suara Merdeka tersebut berlangsung meriah. Pasalnya, sebelum para lansia melakukan aksinya, mereka minum jamu gendong lebih dahulu dengan tujuan guna menambah kekuatan.

Sekitar pukul 09.15, loko dengan nomor BB 30029 itu bergerak dari arah barat menuju ke timur dan berhenti persis di depan Taman Sriwedari. Setelah sejumlah peralatan tambang dipasang, maka bersiap-siaplah para lansia yang kesemuanya wanita itu menarik loko secara perlahan. Hasilnya ternyata sungguh di luar dugaan.

Dalam tiga kali penarikan, mereka berhasil menggerakkan loko dan gerbong berbobot lebih dari 75 ton itu bergerak secara perlahan hingga maju sekitar 12 meter.

Sorak sorai dan tepuk tangan kegirangan pun langsung mengiringi keberhasilan para lansia itu. Bahkan ujung-ujungnya mereka langsung tambah untuk meminum jamu gendong berupa beras kencur, kunir asem, dll.

Salah seorang lansia Mbah Kromo (63) mengaku sangat senang atas kegiatan itu. Dia mengatakan, kalau menarik sendiri jelas tidak bisa, namun kalau bersama-sama seperti ini sangat menyenangkan. ”Menika hiburan seng nyenengke. Kula seneng banget niki. Mbahe digolekke dolanan,” katanya dengan tersipu.

Atas kegiatan itu Presiden Republik Aeng-Aeng Mayor Haristato selaku penggagas acara mengatakan, Solo mempunyai kereta api yang membelah kota. Maka ini harus dimanfaatkan dan dieksploitasi sebagai aset wisata. "Kita pantas bangga dengan ada KA jurusan Solo-Wonogiri yang membelah kota ini," katanya.

Kegiatan yang berpijak pada peringatan Hari Kartini sebagai upaya untuk menggugah kembali semangat gotong royong, terutama bagi warga kota. "Kita ingin juga membuktikan, bahwa para wanita, terutama lansia masih berguna dalam memberi spirit kita semua generasi mudanya dalam bergotong royong," pungkasnya. Hud-Ct