Lacak Bini Muda Lewat Internet

Thursday, 26 April 2007

Tobing.or.id, Beijing, Perempuan mana yang mau dimadu. Was-was suami diam-diam menikah lagi dengan wanita lain? Cari tahu jawabannya lewat Internet. Negeri tirai bambu Cina akan segera menerapkan sistem registry pernikahan online. Melalui sistem ini Anda bisa mengecek detil catatan pernikahan yang terjadi di seluruh daratan Cina.

Sistem ini sendiri sebenarnya dirancang untuk memantau maraknya kasus bigami (memiliki istri dua) ataupun poligami di negara tirai bambu tersebut. Demikian dilaporkan agen berita Xinhua belum lama berselang, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (25/4/2007),

Melalui sistem ini Anda bisa mengecek tanggal, tempat dan nama-nama yang melakukan pernikahan. Rencananya sistem ini akan mulai diaktifkan menjelang tahun 2010, papar Xinhua mengutip pernyataan Kementerian Urusan Sipil Cina.

Masih menurut Xinhua, prosedur pernikahan yang simpel di Cina menyebabkan meningkatnya kasus bigami dalam beberapa tahun terakhir. Cina sendiri saat ini tengah berupaya menumpas kasus korupsi, dengan sasaran penyelidikannya adalah pengaruh istri ataupun keberadaan istri simpanan.