Microsoft Akan Survei Pembajakan Juli

Friday, 27 April 2007

Tobing.or.id, Jakarta, PT Microsoft Indonesia akan melakukan survei jumlah piranti lunak milik Microsoft yang dibajak. Survei itu rencananya akan dilakukan pada Juli mendatang.

License Compliance Manager Small Midmarket Solutions and Partner Microsoft Indonesia, Anti Srihartati Suryaman, mengatakan survei itu untuk mengetahui jumlah pasti peranti lunak Microsoft yang dibajak. Sebab selama ini Microsoft hanya mendengar jumlah pembajakan dari pihak lain.

"sekarang kami akan melakukan survei sendiri untuk mendapatkan data pasti," kata Anti di sela acara peringatan hari HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) Internasional di Hotel Shangri-la Jakarta, tadi malam.

Dia menjelaskan bahwa data yang didapat akan digunakan untuk evaluasi Microsoft dalam menganalisa cara menurunkan jumlahnya. Micosoft akan menggandeng pihak ketiga untuk melakukan survei tersebut.

Menurut Anti, dalam waktu tiga tahun angka pembajakan piranti lunak Microsoft akan turun 10 persen. Tapi, Microsoft butuh komitmen dan realisasi konsep pemerintah untuk memerangi pembajakan. "Kami tidak ingin hanya seremonial saja, tapi butuh penegakan hukum," ujarnya.