Hasil UAN Diumumkan Pekan Depan

Friday, 27 April 2007

Tobing.or.id, Jakarta, Juru bicara Departemen Pendidikan Nasional, Bambang Wasito Adi mengungkapkan, hasil ujian nasional akan diumumkan pekan depan. Proses komputerisasi dari pusat dijadwalkan selesai dalam pekan ini dan distribusi hasil akan dilaksanakan sepekan kemudian.

"Kami memberi kebebasan kepada daerah untuk menetapkan jadwal pengumuman secepatnya saja" kata Bambang saat dihubungi Tempo pagi ini.

Namun, Fandi Perdamen, siswa SMA Gajah Mada, Lampung mengaku kelulusan di sekolahnya baru akan diumumkan 16 Juni. Dengan demikian, dia dan kawan-kawannya tidak punya peluang mengikuti ujian kesetaraan pada akhir Mei nanti jika tidak lulus. "Kata guru tahun ini tidak ada ujian paket C," ujarnya.

Nurjanah, siswa SMA Al Ma'sum Bandung juga mengatakan hal yang sama. "Kami dapat surat edaran, tertulis 16 Juni," ujarnya lewat telepon.

Kepala Sekolah SMA 12 Bandung, Hartono mengungkapkan pemerintah telah melakukan ketidakadilan kepada siswa. Hak siswa untuk mengikuti ujian kesetaraan paket C dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dipangkas oleh penetapan jadwal ujian kesetaraan. "Pemerintah harus memberikan solusi kepada siswa, misalnya ujian ulangan atau apapun itu," katanya kepada Tempo melalui telepon.

Namun menurut Bambang, seharusnya sekolah bisa menetapkan kelulusan sebelum ujian nasional kesetaraan dilaksanakan. "Mereka punya waktu lebih dari sebulan untuk koreksi, nanti saya cek kembali mengapa seperti itu," katanya.