A R S I P

  
  

Penampakan Gereja Christian Science pada Google Maps

  

Cicak, Simbol Unik Suku Batak untuk Bertahan Hidup

  

Wow Keren! Danau Toba Jadi Tuan Rumah Festival Drum Dunia

  

Pharrell Williams: Musik dan Arsitektur Tidak Ada Bedanya!

  

Cinta Laura Tak Punya Teman di Jakarta

  

Wush! Ada Angin Tornado Sungguhan di Dalam Museum

  

Wouw! Chicken Cordon Bleu yang Renyah Ini Harganya Rp 19.000!

  

Uppsss... Ini Bantal Khusus Lajang Kesepian, Laki dan Perempuan!

  

Di Balik Elok Danau Toba

  

Sup RM Sipirok Jalan Sunggal Medan, Duh Enaknya!

  

Natalie Portman Jaga Kehidupan Sexnya

  

Nagabonar: Si Naga yang Kian Kinclong

  

Polling Ribuan Perempuan: Scarlett Johannson Terseksi

  

Mr Bean's Holiday: Perpisahan Manis ala Mr Bean

  

Boyz II Men Konser Bareng Agnes Monica

  

Tukul Lantunkan 'Lilin Lilin Kecil' di Makam Chrisye

  

Mandi Air Soda di Tarutung


Posted by on Tuesday, 08 May 2007 00:00

Tapanuli Utara dengan ibukotanya Tarutung menawarkan banyak pilihan (alternatif) untuk aksi wisata bagi masyarakatnya dan juga bagi pendatang, sebab di kota yang berada di lembang Silindung ini memiliki dua objek pemandian yakni mau mandi air panas Belerang di Sipahohon adapt mandi air soda di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.
Bukan hanya soal mandi atau objek wisata pemandian akan tetapi alam yang indah memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi para pendatang, udara yang dingin, sejuk dan hamparan sawah yang terbentang di Rura (lembah) Silindung.

Memang harus diakui dari beberapa objek wisata yang ada di Tapanuli Utara, masih banyak yang belum dikelola secara maksimal sehingga kurang dikenal. Dari sekian banyak yang belum dikembangkan itu adalah objek wisata pemandian Air Soda di Dusun Aek Siansimun Desa Parbubu I Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.

Sebenarnya tempat pemandian air soda ini bagi masyarakat Kecamatan Tarutung dan kota Tarutung sudah cukup dikenal namun bagi masyarakat luar Tarutung belum banyak yang mengenalnya. Boleh jadi lebih dikenal tempat pemandian air panas Belerang di Kecamatan Sipaholon Tapanuli Utara.

Kurang dikenalnya tempat pemandian air Soda ini bagi masyarakat luas di luar kota Tarutung boleh jadi disebabkan beberapa faktor. Kalau tempat pemandian air panas Belerang di Sipaholon lebih terkenal disebabkan promosi untuk itu lebih genjar dan posisinya atau lokasinya berada di jalur Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Balige - Tarutung sehingga setiap orang yang melintasi ibu kota Kabupaten Tapanuli Utara akan melintasi lokasi pemandian air panas Belerang di Sipaholon.

Berbeda dengan lokasi pemandian air Soda di Kecamatan Tarutung yang lokasinya bukan di Jalinsum Balige - Tarutung akan tetapi berada di Dusun Aek Siansimum Desa Parbubu Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.
Sebenarnya untuk mencapai Dusun Aek Siansimum atau dalam bahasa Bataknya berarti Dusun Air Timun tidaklah sulit karena hanya sekitar satu kilometer masuk dari lintasan Jalinsum Tarutung - Sibolga dan jalan ke lokasi juga sudah cukup bagus, dapat dilintasi dengan kenderaan roda empat, namun kenderaan angkutan umum belum ada masuk ke Dusun Aek Siansimun Desa Parbubu tersebut.

Lain Rasanya

Lokasi tempat pemandian air Soda itu memiliki keunikan tersendiri sebab berada di lokasi persawahan masyarakat yang terbentang luas dan sawah itu sendiri dialiri oleh air Soda yang mengalir ke sawah yang terbentang luas itu.
Sumber air Soda muncul dari dalam tanah dan secara terus menerus tanpa henti sehingga air Soda terus berganti setiap detik dengan debit air yang cukup banyak. Air Soda yang keluar dari dalam tanah itu dijadikan kolam untuk mandi air Soda dan setelah itu air dialirkan ke persawahan.

Kolam mandi dibuat langsung di sumber air Soda yang keluar dari dalam tanah sehingga membuat kolam mandi air Soda sangat terbatas. Pada hal bila sumber keluarnya air Soda itu tidak langsung dijadikan kolam untuk mandi akan tetapi dibuat beberapa kolam yang airnya didatangkan dari sumber air Soda maka akan dapat banyak dibuat kolam untuk mandi air Soda seperti halnya dengan tempat pemandian air panas Belerang di Sipaholon Kabupaten Tapanuli Utara, kolam mandi dan kamar mandi air panas Belerang mengalir dari satu sumber air panas Belerang sehingga dapat dibuat puluhan kolam dan kamar mandi untuk mandi air panas Belerang. Akibatnya bila pengunjung ramai datang ke tempat pemandian air Soda di Parbubu maka banyak pengunjung yang tidak dapat mandi atau harus antri dengan pengunjung yang lain untuk dapat mandi air Soda.

Disamping itu lokasi untuk santai masih sangat terbatas karena belum banyak hadir penjual makanan dan minuman, hanya ada satu tempat penjual makanan dan minuman sehingga hal yang sama juga terjadi bila pengunjung ramai ke lokasi pemandian air Soda sulit untuk mendapat makanan dan minuman, belum lagi makanan dan minuman yang tersedia masih sangat terbatas. Melihat potensi yang ada agaknya tempat pemandian air Soda di Kecamatan Tarutung itu oleh Pemkab Tapanuli Utara sudah waktunya untuk memperluas dan merenovasi lokasi pemandian air Soda tersebut.
Perluasan tempat pemandian air Soda dengan membuat kolam kolam baru dan menjadikan kolam yang ada sekarang ini sebagai sumber mata air Soda yang disalurkan ke kolam kolam yang akan dibangun.
Memang untuk perluasan ini Pemkab Tapanuli Utara harus bekerjasa dengan masyarakat setempat yakni mereka yang memiliki lahan di sekitar sumber air Soda yang ada sekarang ini sebab di lokasi sumber air Soda itu adalah areal persawahan masyarakat dan bukit perladangan masyarakat.

Cukup Potensi

Melihat potensi yang ada bukan tidak mungkin tempat pemandian air Soda di Parbubu Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara menjadi objek wisata yang mampu mendatangkan turis mancanegara.
Kenyataannya kini objek pemandian air Soda di Parbubu masih tertinggal, belum banyak masyarakat luas yang mengetahuinya dan pengunjungnya juga masih terbatas dari kalangan wisatawan lokal yakni dari masyarakat sekitar Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten lain di Tapanuli.



Sumber: Berbagai Sumber

ENTERTAINMENT | READ  5612x



Share

  PageRank Checking Icon
 
Copyright ©1998 - 2018 by Tobing. All rights reserved. | Powered by dontob

Horas to all of you.